Makanan Penenang untuk Anak Hiperaktif

Ada beberapa makanan yang memicu anak-anak untuk bertingkah hiperaktif, rewel, atau mudah marah.

Makanan-makanan yang tinggi kadar gula atau karbohidrat (nasi dan tepung) bisa menurunkan glukosa darah yang berpengaruh besar pada mood. 

"Makanan-makanan tersebut bisa memicu pelepasan hormon stres, seperti adrenalin dan kortisol. Ini adalah hormon-hormon yang membuat orang cepat teriritasi, khawatir, dan tak bisa diam. Tentu kita tak ingin anak-anak bertumbuh dalam kondisi seperti ini," jelas dr Ann Kulze, MD.

 
Menurut Kulze, seluruh organ pada tubuh akan terpengaruh nutrisi yang kita konsumsi, terutama otak. Kebutuhan utama otak adalah asupan gula dari darah, asam amino, vitamin, mineral, dan asam lemak esensial dalam jumlah secukupnya. 




Makanan pembuat tak bisa tenang
"Zat tambahan pada makanan, pewarna makanan, dan pemanis buatan membuat sistem saraf kelewat aktif. Itu juga terjadi ketika terlalu banyak gula," jelas dr Jennifer Greenfield dari Center for Chiropractic Wellness.

Hingga kini, periset terus mencari tahu mengapa pewarna dan pengawet makanan bisa memengaruhi hiperaktivitas anak. 

Makanan-minuman yang paling parah menimbulkan kelebihan gula adalah donat, roti-rotian, cupcake, kue, permen, pancake, waffle, soda, dan minuman berpemanis lainnya.



Makanan penenang
Untuk anak-anak yang sering sulit duduk diam, Kulze menyarankan para orangtua untuk menyediakan makanan-makanan camilan seperti oatmeal, berondong jagung, telur diperkaya omega-3, keripik tortilla,smoothies buah ditambah gandum, serta dark chocolate. 



Beberapa makanan lain yang direkomendasikan:


- Sayuran segar (baby carrot, seledri, paprika, brokoli, kembang kol, dan sebagainya), disajikan dengan saus tambahan, seperti hummus, saus salad rendah lemak, guacamole, atau salsa. 
- Yoghurt rendah lemak atau keju cottage rendah lemak tanpa perasa. Kalau mau dipermanis, campur dengan potongan buah, atau blender dengan jus buah yang sudah dibekukan. Jika menggunakan yoghurt berperasa buah rendah lemak, bagi dua dan campur dengan yoghurt tanpa rasa untuk mengurangi kandungan gulanya. 
- Kacang atau biji-bijian. Almon, mede, kacang tanah, biji bunga matahari (kuaci), atau biji labu. 
- Buah segar, beku, atau dikeringkan.
- Keju rendah lemak. 
- Biskuit dari gandum utuh.
- Sereal sehat, boleh ditambah susu rendah lemak. Perhatikan jumlah seratnya. Pilih yang mengandung 3 gram serat pertakaran saji.
pagipenuhinspirasi.blogspot.com 2009 powered by blogger