Kemajuan Ekonomi Indonesia Mulai Diakui Dunia

Kenaikan rating Indonesia ke investment gradeoleh Moodys, semakin memperkuat pengakuan internasional atas capaian kinerja perekonomian nasional yang sebelumnya dilakukan oleh Fitch.

"Ini merupakan hasil dari kerja keras dari berbagai kebijakan yang ditempuh selama ini, didukung oleh peran serta para pelaku dunia usaha, sektor keuangan, dan masyarakat luas. Pencapaian tersebut jelas akan memberikan banyak keuntungan bagi perekonomian nasional ke depan," ujar Ketua DPP PPP Bidang Ekonomi dan Wirausaha Aunur Rofiq, di Jakarta, Senin (20/2/2012).

Dia menjelaskan, pengakuan dunia itu harus dimanfaatkan untuk memacu pertumbuhan ekonomi ke tingkat yang lebih tinggi, sehingga mampu mendorong penciptaan lapangan kerja dan mengatasi pengangguran dan kemiskinan.

"Perlu langkah-langkah kebijakan lanjutan dibanding sekadar puas atas pencapaian ekonomi nasional yang diakui dunia," ujarnya.

Dia menambahkan, kenaikan rating Indonesia menjadi investment grade diraih melalui perjalanan panjang. Pada masa krisis Asia tahun 1997/1998, rating Indonesia anjlok tajam enam notch hanya dalam kurang dari setahun yaitu dari investment grade (BBB-) menjadi junk (B-).

Hal ini berdampak pada merosotnya kepercayaan investor terhadap perekonomian nasional, sehingga terjadi gelombang penarikan modal dan terhentinya arus modal asing masuk ke Indonesia.

Pada saat yang sama, kata dia, perekonomian mengalami resesi yang cukup dalam, dengan pertumbuhan minus 13 persen, sementara inflasi melonjak sangat tinggi hingga mencapai 68 persen. Industri perbankan kolaps sehingga harus direkapitalisasi dengan biaya yang sangat besar.

"Dalam upaya untuk bangkit dari keterpurukan krisis, perekonomian Indonesia masih terlalu lemah untuk berhadapan dengan guncangan eksternal dan internal," ujarnya.

Menurut Aunur, baru setelah selama 14 tahun melakukan reformasi di bidang ekonomi, keuangan, dan politik, baru pada akhir 2011 Indonesia dinilai layak menjadi tempat investasi dengan risiko yang relatif terkendali oleh investor internasional.

Menurut dia, kenaikan rating ini merupakan pengakuan internasional atas capaian kinerja ekonomi Indonesia selama ini.

"Pengakuan ini semakin memperkuat keyakinan bahwa di tengah meningkatnya ketidakpastian kondisi global belakangan ini, perekonomian Indonesia tetap memiliki ketahanan yang cukup baik," terangnya. 
Source
pagipenuhinspirasi.blogspot.com 2009 powered by blogger